by

Alasan Mengapa Harus Punya Lebih dari Satu Rekening

Dengan semakin meningkatnya edukasi tentang literasi keuangan, salah satu topik menarik yang dibahas adalah bagaimana seseorang bisa mengatur keuangan dengan memiliki lebih dari satu rekening.

Kepemilikan dua rekening ini sebenarnya memiliki maksud dan tujuan. Diantaranya memisahkan rekening untuk penggunaan bulanan dengan penggunaan tabungan sehingga tidak bercampur aduk. Begitu pula jika punya usaha sendiri, sehingga rekening untuk usaha terpisah dengan rekening pribadi.

Model rekening seperti inilah yang justru akan memudahkan lembaga keuangan untuk memeriksa kondisi keuangan usaha yang dijalankan. Terlebih jika ada kesempatan untuk pinjam dana guna melebarkan atau mengembangkan usaha yang dijalankan.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memiliki lebih dari satu rekening itu sangat penting dalam manajemen keuangan.

  1. Lebih mudah menentukan target tabungan

Jika sudah memisahkan antara rekening tabungan dan rekening kebutuhan bulanan sebenarnya akan memudahkan kita untuk menentukan target tabungan. Sebagai contoh kita memiliki target untuk mengumpulkan Rp12 juta dalam satu tahun.

Secara kasar tentu saja kita harus menyisihkan uang sekitar Rp1 juta per bulannya. Sehingga akan lebih mudah terukur sampai mana progress atau sejauh mana target yang ingin kita capai seiring dengan waktu berjalan.

Dengan begitu, akan semakin mudah mengidentifikasi berapa banyak yang dibutuhkan jika kondisinya masih jauh dari target yang diharapkan.

  1. Memisahkan keuangan bisnis dan pribadi

Salah satu kiat penting dalam berusaha adalah memisahkan rekening untuk bisnis atau usaha dengan rekening pribadi. Karena dengan memisahkannya, kita bisa mengetahui perkembangan atau neraca keuangan usaha yang dijalankan dengan benar.

Kesalahan mendasar seperti ini biasanya dilakukan oleh para entrepreneur pemula. Dengan memisahkan keuangan usaha, akan semakin mudah mengaudit apakah usaha tersebut memang jalan sesuai dengan harapan atau justru harus terus menerus diberikan subsidi sampai batas waktu yang sudah ditetapkan.

Jika rekening usaha dan pribadi disatukan, akan sangat sulit untuk mengidentifikasi perkembangan, laba, omzet dan sebagainya.

  1. Tabungan aman dari pengeluaran konsumtif

Rekening tabungan dan usaha yang sudah terpisah dengan rekening pribadi tidak akan bercampur dengan pengeluaran yang konsumtif. Misalnya saja untuk kebutuhan sehari-hari seperti membayar tagihan telepon, listrik, air, BPJS, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kita juga jadi lebih mudah untuk menganalisa atau mencatat pengeluaran-pengeluaran harian atau bulanan dengan lebih mudah. Jika pengeluaran lebih tinggi dari biasanya, kita juga bisa tahu dari mana asalnya atau sumbernya.

Ini juga penting jika kita memiliki catatan di fintech jika pinjam dana secara tunai. Sehingga tenor atau cicilan pun bisa tercatat dengan baik lewat satu rekening. Semua tagihan bisa dibayar dalam satu rekening akan semakin memudahkan seperti yang ditawarkan oleh Kredivo melalui aplikasinya.

Aplikasi Kredivo bisa digunakan untuk pembelian pulsa hp, token listrik, pembayaran tagihan listrik, telepon, air dan BPJS dalam satu keranjang yang sama. Jadi, tidak perlu repot mengirimkan atau membayarkan ke beberapa nomor ID pelanggan yang berbeda, cukup dari satu akun saja lewat Kredivo.

Apalagi Kredivo memberikan fitur pinjaman mini dan jumbo dengan proses yang mudah. Pinjam dana jadi semakin praktis karena semua bisa dilakukan secara online.

Nah, syarat-syaratnya juga nggak ribet kok. Wajib berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan bisa dibuktikan dengan kartu identitas (KTP). Berusia antara 18 sampai 60 tahun.Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Punya penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah proses pendaftaran disetujui, kita bisa langsung mengecek kredit limit yang disetujui oleh Kredivo. Perlu diketahui bahwa bunga cicilan kredit online dari Kredivo sebesar 2.95% per bulan. Jadi, pastikan memilih tenor yang sesuai ya. Tidak ada batasan limit transaksi selama masih ada sisa saldo yang bisa digunakan. Kredit limit yang diberikan oleh Kredivo maksimal sebesar Rp30 juta per member.

  1. Memudahkan untuk menganalisa neraca keuangan

Inilah yang sudah disebutkan dan dijelaskan. Dalam menjalankan keuangan keluarga sekalipun diperlukan manajemen keuangan yang jelas dan terukur. Apalagi jika sudah memiliki anak dengan berbagai rencana dan target yang diinginkan.

Sehingga pemisahan rekening tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membuat kita belajar manajemen keuangan secara profesional meskipun untuk lingkup terkecil mulai dari keluarga.

  1. Bisa memanfaatkan promo dari dua bank berbeda

Keuntungan lain biasanya ada promo dari dua bank yang berbeda. Akan lebih baik jika dua rekening yang berbeda tersebut dibuat dengan bank yang berbeda sehingga kita pun bisa memanfaatkan promo-promo atau produk yang lebih baik dari masing-masing bank sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah beberapa alasan dan keuntungan mengapa perlu memiliki lebih dari satu rekening sehingga pengaturan keuangan pun akan menjadi lebih mudah.

News Feed